Kamis

Fenomena Baru

Hmmmmm…….bicara masalah petir ne ya, bukan hal yang aneh pastinya. Fenomena baru yang tejadi dan marak diberitakan akhir-akhir ini. Tidak sedikit warga Indonesia yang tewas karena musibah ini. Contohnya di daerah ibukota(tepatnya seh aku dah lupa ne..tapi lau yang sering nonton Reportase pasti tau lah beritanya,,,hehehe) seorang pemuda tewas disambar petir saat dia sedang mancing disebuah sungai dan kebetulan saat itu sedang hujan petir dan dia juga sedang berada dibawah sebatang pohon. Terus ada lagi, seorang pemuda juga tewas saat dia sedang main bola dilapangan saat hujan petir juga. Dan sekelompok orang yang hangus terbakar saat mereka berada disebuah stadion. Satu lagi, seorang siswa SMP tewas tersambar petir saat dia menggunakan telpon genggamnya.Mendung yang menyebabkan pembentukan Awan Columbus(lau g salah ya namanya, hehehehe), itu mengundang terjadinya hujan petir yang sangat berbahaya. Banyak orang yang tewas karena musibah tersebut. Curah hujan yang begitu lebat bersamaan dengan petir yang begitu dahsyat sangatlah berbahaya.

Menurut yang aku dengar neh ya….Indonesia Negara yang paling sering terjadi hujan petir lho, 200x pertahun. Bayangin ja, g da salahnya kan kalau kita ekstra waspada.

Banyak hal yang menyebabkan orang tewas terkena sambaran petir.

Adapun tips yang dapat membantu kita agar terhindar dari sambaran petir, diantaranya:

  1. Tidak berada dilapangan yang memungkinkan kita untuk disambar petir.
  2. bila hujan lebat, usahakan tidak berteduh dibawah pohon karena pohon dapat menghantarkan arus yang disebabkan oleh petir.
  3. Usahakan berteduh dirumah yang semi permanen.
  4. Mematikan power yang tersambung arus listrik, serta mematikan benda-benda elektronik seperti televisi, komputer, dll.
  5. Gunakan sandal jepit dirumah yang tidak memungkinkan kita bisa tersambung dengan benda2 yang dapat menghantar listrik.
  6. Tidak mengunakan HP karena menurut sebuah kejadian neh ya, sinyal HP bisa menyebabkan kita tersambar petir.
  7. Tidak kontak langsung dengan tanah yang basah.
  8. Tidak berada (kontak langsung) dengan kelompok orang yang sedang basah dan main hujan ditempat yang lapang.

Mungkin aku Cuma bisa berbagi tips yang ini, lau da yang salah atau keliru, coment ja ya biar kita bisa saling share gitu....hehhehe;-)

Berbagi untuk kebaikan pasti ilmu kita g berkurang, ya g sob???

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright ToMoRrOw WilL bE BeTTer 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .